Selasa, 14 Maret 2017

PERSENTASI E-LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

PERSENTASI E-LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN



         Dalam e-learning dinggunakan situs edmodo untuk membuat program e-learning pada alamat (link) www.edmodo.com. Edmodo juga dapat di dapatkan dalam bentuk aplikasi dengan mendownload aplikasi edmodo. untuk pembelajaran berbasis e-learning sebenarnya edmodo bukan satu-satunya yang dapat digunakan , masih banyak apliksi yang lain yang dapat digunkan selain edmodo. akan tetapi edmodo yang sering digunakan.
    
         Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk membangun kelas virtual berdasarkan pembagian kelas layaknya di sekolah.
Desain tampilan yang dimiliki Edmodo hampir sama dengan desain tampilan Facebook. Dengan Edmodo, guru/ dosen dapat mengirim nilai, tugas, maupun kuis untuk siswa/ mahasiswa dengan mudah,  dapat pula melakukan absensi. untuk orang tua wali dari siswa dapat memantau dalam pembelajaran dan dapat berkomunikasi di dalamnya.

           Edmodo media pembelajaran online memiliki manfaat diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Edmodo merupakan sarana komunikasi dan diskusi yang sangat efiesien untuk para guru dan murid (siswa)
  2. Dengan Edmodo ini, antara siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.
  3. Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua murid.
  4. Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz, atau pemberian tugas.
  5. Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut
  6. Dengan adanya Edmodo, orang tua murid dapat memantau kegiatan belajar anaknya dengan mudah.
    Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan saja.
          selain itu, edmodo juga, tentunya memiliki kekurangan, diantaranya adalah sebagaii berikut:

      1. Social Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing).
     2. Languange. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.

                       3. Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
             4. Tidak semua sekolah dapat menggunakan edmodo khususnya sekolah yang pada daerahnya belum memiliki koneksi internet yang memadai.

                                 Berikut ini adalah contoh  tampilan edmodo :








 

20 komentar:

  1. assalamualaikum wr wb . . .
    apakah kelebihan dan kekurangan dari penggunaan Edmodo ini ? apakah efisien untuk kita gunakan, bagaimana menurut anda ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelebihan;

      1. User Interface. Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
      2. Compatibility. Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti: pdf, pptx, html, swf dan sebagainya
      3. Aplikasi. Edmodo tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC (laptop / desktop) tetapi juga bisa diakses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.

      Kekurangan;

      1. Social Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com ketimbang edmodo.com
      2. Languange. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
      3. Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
      menurut saya efisien atau tidaknya itu tergantung fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia di setiap sekolah dan sisesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran yang ada. terima kasih.

      Hapus
    2. Kekurangan Edmodo Pierpaolo Vittorini (2012:40) adalah
      1. Tidak mempunyai pilihan untuk mengirim pesan tertutup antar sesama siswa, komunikasi sesama siswa berlangsung secara global di dalam grup tersebut.
      2. Tidak adanya fasilitas chat seperti yang terdapat pada jejaring sosial (Facebook, tuenti dan myspace) pada umumnya yang menerapkan area untuk chating secara langsung.
      3. Tidak adanya foto album dan fasilitas tagging seperti jejaring sosial lainnya, Edmodo hanya bekerja dengan file tipe generik dan tidak mengijinkan tagging.
      4. Tidak menerapkan beberapa halaman atau view yang dapat dilihat oleh user.
      5. Struktur Edmodo adalah pendidikan informal, walaupun begitu urutan dari konten pada rangkaian materi bisa dijelaskan secara terbuka.

      Kekurangan Edmodo menurut Charles Wankel (2011:24) adalah
      1. Ganguan pada koneksi internet dapat mempengaruhi website berjalan lebih lambat.
      2. Siswa dibatasi aksesnya untuk keluar, karena hanya terbatas di kelas tersebut.
      Masih dalam versi pengembangan dan belum sempurna seutuhnya.

      Hapus
    3. terima kasih mella puspita karena telah menambahkan jawaban untuk pertanyaan darri Muhammad Azhabul Yamin.

      Hapus
  2. Edmodo itu kan hampir sama seperti facebook hanya saja dibuat untuk diskusi organisasi Atau kelompok guna pelajaran jarak jauh,, tp jika di sekolah bagai mana cara pnerapan nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada penerapannya dalam pembelajaran yaitu Di dalam Edmodo, guru/dosen dapat melanjutkan diskusi kelas
      online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa/mahasiswa, dan lencana
      penghargaan kepada siswa/mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku.
      Guru
      juga dapat mengirim nilai, tugas dan kuis untuk siswa/mahasiswa. Siswa dapat mengajukan
      pekerjaan rumah dan melihat nilai-nilai mereka dan komentar guru/dosen mungkin telah
      diposting tentang tugas mereka. Guru/dosen juga dapat membuat jajak pendapat dan topik
      posting untuk diskusi di kalangan siswa. Guru dapat membedakan dan menciptakan belajar
      mandiri melalui penciptaan sub-kelompok dalam kursus. Setelah setiap periode kursus
      selesai, guru/dosen menutup keluar jaringan dan menciptakan yang baru untuk kursus
      berikutnya.

      Efektivitas penggunaan media pembelajaran ELearning berbasis edmodo lebih tinggi daripada menggunakan media pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

      Seharusnya sekolah menggunakan
      dan mengoptimalkan keberadaan E-Learning yang sudah ada tersebut, untuk meningkatkan
      hasil belajar siswa.
      terima kasih.

      Hapus
  3. apa kekurangan dari edmodo ini? lalu apa edmodo ini bisa digunakan untuk semua materi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Social Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com ketimbang edmodo.com
      2. Languange. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
      3. Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.
      menurut saya efisien atau tidaknya itu tergantung fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia di setiap sekolah dan sisesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran yang ada. terima kasih.
      menurut saya dapat digunakan untuk sumua materi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, karena program di dalam admodo yang cukup lengkap.

      Hapus
    2. saya akan menambah sedikit dari jawaban saudari anisa puspitasari Kekurangan Edmodo Pierpaolo Vittorini (2012:40) adalah

      1. Tidak mempunyai pilihan untuk mengirim pesan tertutup antar sesama siswa, komunikasi sesama siswa berlangsung secara global di dalam grup tersebut.
      2. Tidak adanya fasilitas chat seperti yang terdapat pada jejaring sosial (Facebook, tuenti dan myspace) pada umumnya yang menerapkan area untuk chating secara langsung.
      3. Tidak adanya foto album dan fasilitas tagging seperti jejaring sosial lainnya, Edmodo hanya bekerja dengan file tipe generik dan tidak mengijinkan tagging.
      4. Tidak menerapkan beberapa halaman atau view yang dapat dilihat oleh user.
      5. Struktur Edmodo adalah pendidikan informal, walaupun begitu urutan dari konten pada rangkaian materi bisa dijelaskan secara terbuka.

      Hapus
    3. terima kasih Anisa Rahayu karena telah menambahkan jawaban untuk pertanyaan Elsy monica dewi.

      Hapus
  4. Apakah dengan menggunakan aplikasi Edmodo ini sudah mempermudah proses pembelajaran peserta didik? Berikan alasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit mendambahkan, menurut saya mempermudah karena guru dapat melakukan proses pembelajaran tanpa harus bertemu langsung dengan siswanya dan juga daoat memberikan tugas secara jarak jauh menggunkan aplikasi edmodo ini. Terimakasih

      Hapus
    2. terimakasih nadila erina handayan, karena telah menambahkan jawaban untuk pertanyaan yasni oktriyani.

      Hapus
    3. baiklah disini saya mencoba menjawab sebelum itu kita menerapkan atau memberi materi terlebih dahulu yaitu didalam kelas dan pada penggunaan edmodo ini kita hanya mengulas materi yang sudah di ajarkan oleh guru apakah ada kendala dan pahaman yang belum dimengerti siswa, terimakasih

      Hapus
    4. terima kasih silmi aulia wardah karena telah menambahkan jawaban untuk pertanyaan yasni oktriyani.

      Hapus
  5. menurut saya mempermudah, karena Efektivitas penggunaan media pembelajaran E-Learning berbasis edmodo lebih tinggi daripada menggunakan media pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

    Seharusnya sekolah menggunakan
    dan mengoptimalkan keberadaan E-Learning yang sudah ada tersebut, untuk meningkatkan
    hasil belajar siswa. Selain itu, sebaiknya sekolah menggunakan media pembelajaran ELearning pada mata pelajaran yang lain dengan karakteristik sesuai dengan mata pelajaran.

    yang mana sudah diujicobakan dan menghasilkan kesimpulan bahwa media
    pembelajaran E- Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
    selain itu, orang tua juga dapat memantau akktivitas belajar melalui apliksi edmodo ini. terima kasih.

    BalasHapus
  6. assalammualaikum saya ingin menambahan sedikit pada e-learning ini kita tidak bisa menguasai materi dan yang ada melainkan membuat siswa tambah bingung terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih silmi aulia wardah karena telah menambahkan jawaban.

      Hapus
  7. assalamualaikum wr wb tolong jelaskan hambatan atau kekurangan yang akan ditemui jika kita ingin menggunakan e-learning situs edmodo ini?

    BalasHapus
  8. waalaikumsalaw, menurut saya jika ingin diterapkan edmodo pada proses pembelajaran baik guru maupun peserta didik harus menguasi penggunaanya, tidak semua sekolah dapat menggunakan edmodo khususnya yang memiliki sarana kurang, dan meskipun pada edmodo orang tua wali murid dapat mengontrol proses belajar namun tidak semua wali murid (orang tua) dapat melakukannya. terimakasih.

    BalasHapus