Selasa, 14 Maret 2017

TUGAS TERSTRUKTUR TATAP MUKA KE 6 DAN 7

TUGAS TERSTRUKTUR TATAP MUKA KE 6 DAN 7



           Sebelum menentukan dan memilih media yang akan digunakan seperti media alat peraga, maka terlebih dulu menentukan mater, yang disesuaikan dengan masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran. materi yang kami ambil adalah ikatan ion. karena pada pembelajaran kimia biasanya masing sering menggunakan metode ceramah sedangkan materi ikatan ion sendiri merupakan materi kimia yang abstrak. untuk membantu pemahaman siswa tentang materi ikatan ion maka dibuat seuatu media pembelajaran berupa alat peraga. 
sebelumnya terlebih dulu akan di paparkan materii tentang ikatan ion, yaitu:

        Ikatan ion merupakan suatu ikatan yang terjadi pada atom yang memiliki muatan yang besarnya sama tapi mempunyai muatan yang berlawanan tanda. Ikatan ion terbentuk sebagai akibat adanya gaya tarik menarik antara ion positif dan ion negatif. Ion positif terbentuk karena unsur logam melepaskan elektronnya, sedangkan pada ion negatif terbentuk karena unsur nonlogam menerima elektron.
Ikatan ion terjadi karena adanya serah terima elektron. Atom-atom membentuk suatu ikatan ion karena masing-masing atom ingin mencapai keseimbangan/kestabilan seperti struktur elektron gas mulia.

         Ikatan ion (atau ikatan elektrokovalen) adalah jenis ikatan kimia yang dapat terbentuk antara ion-ionlogam dengan non-logam (atau ion poliatomik seperti amonium) melalui gaya tarik-menarik elektrostatik. Dengan kata lain, ikatan ion terbentuk dari gaya tarik-menarik antara dua ion yang berbeda muatan.
contohnya yaitu ikatan ion antara Cl dan Na, yang terlihat pada gambar.
 
 

Adapun syarat terjadinya ikatan ion yaitu:

         1. Ikatan ion terjadi antara atom logam (yang akan membentuk ion positif) dengan atom bukan logam (yang akan membentuk ion negatif).

          2. Dengan kata lain, ikatan ion terjadi antara atom-atom yang mempunyai suatu energi ionisasi rendah dengan atom-atom yang mempunyai afinitas elektron tinggi. Dapat pula dikatakan bahwa ikatan ion terjadi antara atom-atom dengan perbedaan keelektronegatifan tinggi.

           pada contoh diatas, ikatan ion antara Cl dan Na, maka yang terjadi adalah atom natrium menyumbangkan elektron terluar pada atom klorin, yang hanya membutuhkan satu elektron untuk mencapai konfigurasi oktet. Ion natrium menjadi bermuatan positif karena kehilangan elektron, sedangkan ion klorida menjadi bermuatan negatif karena penambahan sebuah elektron tambahan. Ion yang bermuatan berlawanan terbentuk, tertarik satu sama lain dan mengakibatkan membentuk ikatan ion.



Alat peraga yang dibuat untuk materi ikatan ion dapat diakses melalui youtube.


untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada link berikut :

https://youtu.be/EDA1LI-ko1E

10 komentar:

  1. adakah kendala yang anda alami dalam pembuatan dan pelaksanaan media yang anda pilih ini ?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam pembuatan dan pelaksanaan media alat peraga yang dipilih tentu saja ada kendala yang dihadapi, seperti pemilihan materi yang akan dibuat menjadi alat peraga, menentukan alat peraga yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, dan menyesuaikan materi dan tujuan yang akan tercapai. Dan dalam pelaksanaan media yang dipilih kendalanya salah satunya dalam menentukan penjelasan yang sesuai agar mudah dipahami siswa. terima kasih.

      Hapus
  2. apa kekurangan dari alat peraga yang anda gunakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya, kekurangan dari alat peraga yang digunakan yaitu, membutuhkan biaya dalam pembelian alat-alat untuk membuatnya, dan cukup repot dalam membuatnya. terima kasih.

      Hapus
  3. apakah menurut anda media yang anda gunakan sudah tepat untuk di pahami oleh siswa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya sudah, namun semuanya tergantung pada cara penyampaian konsep dan gaya penyampaian dengan menggunakana alat peraga sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh siswa.
      Terima kasih.

      Hapus
  4. Apasaja yang harus diperhatikan sebelum membuat suatu alat peraga yang akan digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya hal yang perlu diperhatikan, yaitu pemilihan materi, memahami letak kesulitan materi tersebut sehingga diperlukan alat peraga, menyesuaikan media alat peraga yang tepat untuk menyampaikan materi. terima kasih.

      Hapus
  5. saya ingin bertanya,apakah kendala yang mungkin terjadi jika kita menerapkan alat peraga ini di lingkungan sekolah perkotaan maupun di pedesaan ?
    terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya, karena media yang digunakan berrupa alat peraga maka dapat diterapkan dimana saja, namun untuk sekolah di kota yann telah didukung oleh sarana yang baik maka dapat menggunakan animasi, sedangkan utnuk sekolah yang tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang baik dapat menggunakan alat peraga, namun pada dasarnya dapat digunakan dimana saja. terima kasih

      Hapus