sebaiknya gambar peta konsep yang anda postkan lebih dibesarkan gambarnya saat di upload, karena tulisan kurang bisa dibaca pada peta konsep ini, terimakasih
Menurut anda, peta konsep yang bagaimana yang baik agar peserta didik dapat mengerti sehingga nantinya dapat memahami materi yang akan disampaikan dengan adanya peta konsep ini!
menurut saya dengan memperhatikan langkah-langkah dalam membuat peta konsep dan sisesuaikan dengan pembelajaran dan karakteristik siswa serta tujuan yang akan dicapai. dan selain itu juga mengacu pada fungsi dari peta konsep, yaitu 1. Menyelidiki apa yang telah diketahui siswa. Sebelumnya telah diketahui bahwa belajar bermakna membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh dari pihak siswa untuk menghubungkan pengetahuan baru dengan konsep-konsep relevan yang telah mereka miliki. 2. Mempelajari Cara Belajar Bila seseorang dihadapkan pada suatu bab dari buku pelajaran , ia tidak akan begitu saja memahami apa yang dibacanya.Dengan diminta untuk menyusun peta konsep dari isi bab itu , ia akan berusaha untuk mengeluarkan konsep-konsep dari apa yang dibacanya, meletakkan konsep yang paling inklusif pada puncak pe-ta konsep yang dibuatnya, kemudian mengurutkan konsep-konsep yang lain yang kurang inklusif pada konsep yang paling inklusif, demikian seterusnya. 3. Mengungkapkan konsepsi salah Selain kegunaan-kegunaan yang telah disebutkn di atas, peta konsep dapat pula mengungkapkan konsepsi salah (misconception) yang terjadi pada mahasis-wa. Konsep salah biasanya timbul karena terdapat kaitan antara konsep-konsep yang mengakibatkan proposisi yang salah. 4. Alat Evaluasi Penerapan peta konsep dalam pendidikan yang terakhir dibahas adalah peta konsep sebagai alat evaluasi. terima ksih.
Hai anisa puspita... terimakaisih atas postingan peta konsep materi yang menarik. saya ingin bertanya, apakah peta konsep yang anda buat dapat dipahami dan dimengerti siswa? terimakasih:)
menurut saya bisa karena peta konsep yang saya buat disesuaikan berdasarkan pembelajaran pada bab asam basa pada pembelajaran kimia,XI SMA . Terima kasih
Menurut saya dengan memperhatikan ciri-ciri peta konsep. yaitu disntaranya: 1. peta konsep atau pemetaan konsep adalah suatu cara untuk memperlihatkan konsep-konsep dan proporsi-proporsi suatu bidang studi. 2. tidak semua konsep memiliki bobot yang sama, ini berati ada konsep yang lebih intensif dari pada konsep-konsep yang lain. 3. suatu peta konsep merupakan gambar dua dimensi dari suatu bidang studi atau suatu bagian dari bidang studi. 4. bila dua atau lebih konsep digambarkan di bawah suatu ko0nsep yang lebih inklusif, terbentuk suatu hirarki pada konsep tersebut. terima kasih.
Dalam membuat peta konsep ada enam langkah yang harus diikuti“ (Da-har, 1989:126). Keenam langkah tersebut adalah (1) menentukan bahan bacaan, (2) menentukan konsep-konsep yang relevan, (3) mengurutkan konsep-konsep itu, mulai dari yang paling inklusif sampai yang paling tidak inklusif atau contoh- contoh, (4) menyusun konsep- konsep itu di atas kertas, mulai dengan konsep yang paling inklusif di puncak ke konsep yang paling tidak inklusif (5) menghu-bungkan konsep yang berkaitan dengan garis-garis penghubung dan memberi kata penghubung pada setiap garis penghubung itu, dan (6) mengembangkan peta kon-sep tersebut, misalnya dengan menambahkan dua atau lebih konsep yang baru ke setiap konsep yang sudah ada dalam peta konsep. terima kasih.
menurut saya, untuk menilai apakah peta konsep sudah baik dan benar selain diperhatikan cara pembuatan ppeta konsep yang baik dan benar, maka dapat pula dilakukan uji, dengan menerapkan peta konsep tersebut, jika setelah penerapan terdapat kekurangan, dan kesulitan siwwa dalam memahami. maka dapat dilakukan pembuatan ulang, dengan memperbaikki bagian yang kurang . terima kasih.
sebaiknya gambar peta konsep yang anda postkan lebih dibesarkan gambarnya saat di upload, karena tulisan kurang bisa dibaca pada peta konsep ini, terimakasih
BalasHapusTerima kasih Dwindah Permata atas sarannya.
HapusMenurut anda, peta konsep yang bagaimana yang baik agar peserta didik dapat mengerti sehingga nantinya dapat memahami materi yang akan disampaikan dengan adanya peta konsep ini!
BalasHapusmenurut saya dengan memperhatikan langkah-langkah dalam membuat peta konsep dan sisesuaikan dengan pembelajaran dan karakteristik siswa serta tujuan yang akan dicapai. dan selain itu juga mengacu pada fungsi dari peta konsep, yaitu
Hapus1. Menyelidiki apa yang telah diketahui siswa.
Sebelumnya telah diketahui bahwa belajar bermakna membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh dari pihak siswa untuk menghubungkan pengetahuan baru dengan konsep-konsep relevan yang telah mereka miliki.
2. Mempelajari Cara Belajar
Bila seseorang dihadapkan pada suatu bab dari buku pelajaran , ia tidak akan begitu saja memahami apa yang dibacanya.Dengan diminta untuk menyusun peta konsep dari isi bab itu , ia akan berusaha untuk mengeluarkan konsep-konsep dari apa yang dibacanya, meletakkan konsep yang paling inklusif pada puncak pe-ta konsep yang dibuatnya, kemudian mengurutkan konsep-konsep yang lain yang kurang inklusif pada konsep yang paling inklusif, demikian seterusnya.
3. Mengungkapkan konsepsi salah
Selain kegunaan-kegunaan yang telah disebutkn di atas, peta konsep dapat pula mengungkapkan konsepsi salah (misconception) yang terjadi pada mahasis-wa. Konsep salah biasanya timbul karena terdapat kaitan antara konsep-konsep yang mengakibatkan proposisi yang salah.
4. Alat Evaluasi
Penerapan peta konsep dalam pendidikan yang terakhir dibahas adalah peta konsep sebagai alat evaluasi. terima ksih.
Hai anisa puspita... terimakaisih atas postingan peta konsep materi yang menarik. saya ingin bertanya, apakah peta konsep yang anda buat dapat dipahami dan dimengerti siswa? terimakasih:)
BalasHapusmenurut saya bisa karena peta konsep yang saya buat disesuaikan berdasarkan pembelajaran pada bab asam basa pada pembelajaran kimia,XI SMA . Terima kasih
Hapushal apa yang perlu diperhatikan dalam membuat peta konsep yang benar ?
BalasHapusMenurut saya dengan memperhatikan ciri-ciri peta konsep. yaitu disntaranya:
Hapus1. peta konsep atau pemetaan konsep adalah suatu cara untuk memperlihatkan konsep-konsep dan proporsi-proporsi suatu bidang studi.
2. tidak semua konsep memiliki bobot yang sama, ini berati ada konsep yang lebih intensif dari pada konsep-konsep yang lain.
3. suatu peta konsep merupakan gambar dua dimensi dari suatu bidang studi atau suatu bagian dari bidang studi.
4. bila dua atau lebih konsep digambarkan di bawah suatu ko0nsep yang lebih inklusif, terbentuk suatu hirarki pada konsep tersebut. terima kasih.
bagaimana cara membuat peta konsep yang baik dan benar?
BalasHapusDalam membuat peta konsep ada enam langkah yang harus diikuti“ (Da-har, 1989:126). Keenam langkah tersebut adalah (1) menentukan bahan bacaan, (2) menentukan konsep-konsep yang relevan, (3) mengurutkan konsep-konsep itu, mulai dari yang paling inklusif sampai yang paling tidak inklusif atau contoh- contoh, (4) menyusun konsep- konsep itu di atas kertas, mulai dengan konsep yang paling inklusif di puncak ke konsep yang paling tidak inklusif (5) menghu-bungkan konsep yang berkaitan dengan garis-garis penghubung dan memberi kata penghubung pada setiap garis penghubung itu, dan (6) mengembangkan peta kon-sep tersebut, misalnya dengan menambahkan dua atau lebih konsep yang baru ke setiap konsep yang sudah ada dalam peta konsep.
Hapusterima kasih.
Bagaimanakah cara menilai apakah peta konsep itu sudah baik atau benar?
BalasHapusmenurut saya, untuk menilai apakah peta konsep sudah baik dan benar selain diperhatikan cara pembuatan ppeta konsep yang baik dan benar, maka dapat pula dilakukan uji, dengan menerapkan peta konsep tersebut, jika setelah penerapan terdapat kekurangan, dan kesulitan siwwa dalam memahami. maka dapat dilakukan pembuatan ulang, dengan memperbaikki bagian yang kurang . terima kasih.
Hapus